Tuesday, March 2, 2010

Kandang Singa Yang Tak Lagi Biru

Sore itu, 24 januari 2010, laga kandang pertama Arema di kanjuruhan setelah Aremania terbebas dari sanksi 2 tahun tidak boleh memakai atribut yang ditetapkan oleh PSSI. Suasana stadion saat itu tidak begitu penuh tetapi cukup ramai, mungkin karena hujan deras yang mengguyur malang saat itu membuat para penonton mengurungkan niat untuk menyaksikan pertandingan tersebeut secara langsung. begitu memasuki stadion, suasananya ternyata tak seperti yang diharapkan, pada awalnya harapan itu adalah kanjuruhan menjadi biru seperti sebelum terkena sanksi dari PSSI, tetapi yang terjadi adalah sore itu kanjuruhan menjadi berwarna-warni. ada yang menggunakan kaos merah, putih, hitam biru, dan lainnya (bukan hijau pastinya!)
Apa yang terjadi dengan kanjuruhan sekarang?
Kemana warna biru yang biasanya selalu mendampingi Arema saat bermain dulu?
Sungguh sangat miris melihat kanjuruhan sekarang, bukan karena sepinya Aremania yang datan, tetapi karena hilangnya semangat biru yang telah lama hidup di hati Arema dan Aremania. Warna biru yang menjadi saksi perjuangan Arema sejak 11 Agustus 1987,telah berganti dengan warna - warna lain yang tidak jelas.
Ayo kita kembalikan Biru ke stadion Kanjuruhan!!

17 komentar:

Anonymous

Warna disadari atupun tidak., ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap identitas. Setiap warna memiliki efek emosional dan asosisi mental. Efeknya tidak hanya secara psikologis namun juga fisiologis dan sosiologis.

Dari uraian tersebut secara awam dapat kita pahami warna punya pengaruh tersendiri., hal ini hal ini diperkuat dengan adanya pergeseran terhadap semangat biru seperti yang dijelaskan pada posting di atas., karena mungkin makna warna biru tidak lagi menjadi identitas yang mutlak dari aremania.

Walaupun tidak berdasarkan hasil survey., tetapi dapat kita amati sendiri dari:

- Pertandingan Big Match dengan yang tidak terhadap kehadiran aremania., asosiasi warna biru seharusnya masih bisa menggerakkan aremania untuk tetap hadir.

- Didalam stadion., entah itu karena identitas yang telah beragam ato karena semangat biru yang mulai bergeser., suporter cenderung monoton saja.. Atraksi yang menjadi daya tarik dan magnet hampir saja hanya menjadi milik tribun timur.

Tentu saja banyak fenomena yang klo kita amati bisa menjadi suatu pertanda., tetapi tidaklah mutlak seperti komentar yang ayas sampaikan diatas karena keterbatasan pengetahuan dan analisa ayas..

Mungkin ada benarnya apa yang dimaksudkan posting "Kandang Singa Tak Lagi Biru" tentang semangat biru yang menjadi fokusnya..

Pertanyaannya., apakah identitas biru masih melekat pada aremania.? klo iya., seberapa besar pengaruh warna biru terhadap tumbuhnya semangat biru dihati arema dan aremania.?

Kita merindukan warna biru., hadir untuk warna biru., dan kita telah berupaya untuk menumbuhkan semangat biru.. lalu siapakah kita itu.? Apakah anda., saya., ato mereka.?

Mungkin pertanyaan ayas tidak perlu dijawab., karena semua jawabannya ada didalam jiwa masing-masing yang tidak perlu diragukan kebiruannya.. Dan Aremania ikut karena keinginan hati, bukan karena dipaksa atau program, dan tidak ada pemimpin. Aremania mempunyai semboyan "Yang Penting Jiwa Arema., Hanya Satu Jiwaku Aremania" yang menunjukkan perasaan bahwa identitas Aremania sudah menjadi satu dengan Arema dan Aremania., dan itu dimungkinkan dengan semangat biru tersebut..

Akhirnya., ayas mohon maaf klo ada kesalahan kata-kata., karena keterbatasan pengetahuan dan analisa ayas sendiri..

Salam Satu Jiwa...!!!

lembhoe_shora

ini karena hukuman 2 tahun...
hukuman itu terasa

Anonymous

agak repot juga sie, ayas pribadi ingin sekali tetap membirukan Kanjuruhan, FYI selama ini ayas live viewing ndik Kanjuruhan gak tau nggawe soak slain biru, masio duduk kaos AremA, sing penting biru....lha coba kita analisa, RA aja pake putih, wajar ada yg niru...trus beberapa rekan grup² senior juga ada yg bersoak merah, akhirnya ada yg niru juga...mengandung ngungib ndik kene iki...yo wes lah, dimulai tekok awake dewe ae, AKFB Soak Biru (tanpa warna lain), ojit?

to ongis nade

kesadaran sndri ae wes yg mrasa mmpunyai getih warna urib dan awij yg urib psti akan sll mmkai warna urib oyi ^^

Anonymous

Oyi2....
kaos AKFB kn udah biru....
semoga yang lain bisa segara kembali ke biru!!!

irwan

darah ayas merah tp jiwa raga biru demi arema.....

tomie

tuku kaos AKFB ndik ndi? skalian atene daftar anggota AKFB

nuwus sam

IRWAN KURNIAWAN

@ tomie : kalo via online bisa menghubungi sam TO ONGIS NADE.....

Unknown

maw2
kolem biru2 an sam?
py tmpate tu sam ?
registrasi ne ndek ndi sam?

johan

SE7,sam.
solusi trbaik adlh lbh baik AREMANIA gunakan kaos BIRU kembali & AREMANITA menggunakan PUTIH.
karna warna BIRU & PUTIH melambangkn PERDAMAIAN yg SUCI.SUKSESKAN KSN DI BUMI A R E M A,KER
TRIMS & SALAM 1 JIWA.

lembhoe_shora

@alll
kalau mau daftar
Area malang Hubungi trias
http://www.facebook.com/profile.php?id=100000411335366

kalau di luar / online hub sam to ongis nade di admin groub

portalsoak

coba flashback lagi nawak.. sak eruhq biyen stadion gak dipenuhi warna biru. militansi aremania bukan pada warna, bukan pada kaos, bukan pada korwil. tapi kehausan mereka memngibarkan semangat AREMA itu saja.

Anargyla Outhavarium

Ayas lebih setuju lek warna kaos suporter "AREMA INDONESIA" campur aduk ngene.. (pokok'e ijok IJO). alasan:

1. menggambarkan kalo AREMA INDONESIA bukan milik golongan (orang malang saja), (tapi milik siapa saja yang cinta dengan AREMA INDONESIA)

2. menunjukkan bahwa suporter AREMA INDONESIA sama seperti penduduk negara INDONESIA. (walaupun berbeda2 tetapi tetap satu jua).

3. Karena sekarang namanya adalah "AREMA INDONESIA" bukan lagi "AREMA MALANG". maka semua suku, ras, agama, dan WARNA di indonesia mempunyai hak yang sama untuk mendukung AREMA INDONESIA.

S 1 J.

Amargyla

Ayas lebih setuju lek warna kaos suporter "AREMA INDONESIA" campur aduk ngene.. (pokok'e ijok IJO). alasan:

1. menggambarkan kalo AREMA INDONESIA bukan milik golongan (orang malang saja), (tapi milik siapa saja yang cinta dengan AREMA INDONESIA)

2. menunjukkan bahwa suporter AREMA INDONESIA sama seperti penduduk negara INDONESIA. (walaupun berbeda2 tetapi tetap satu jua).

3. Karena sekarang namanya adalah "AREMA INDONESIA" bukan lagi "AREMA MALANG". maka semua suku, ras, agama, dan WARNA di indonesia mempunyai hak yang sama untuk mendukung AREMA INDONESIA.

S 1 J.

aliya

lebih mboiz lagi kl dalam artikelnya dijelaskan jika sejarah arema iu dari dulu berkaos biru. kan lebih berdasar fakta, bukan hanya tembung jare... ayas dewe wes suwe dadi aremania tapi ga tw itreng iu lek aremania kudu biru ndek stadion.. mungkin ayas sing kurang update.. mangkane, misal ditambahi sejarahe kan nambah ilmu ttg arema, sam... nuwus

panji

lek ayas se setuju ae lek kate mbiruno kanjuruhan koyok neyib,la tapi kaos putih yg populer,neyib kan robert seng ndisi'i nggawe kaos warna putih la trus ikias bagaimana yo'po?
(wes mboh piye cak)

fajar

emank benar cih warna biru melambangkan semangat jiwa yang sangat besar..aku juga bingung kenapa simbol tersebut bisa tergantikan ....